E-dukasi.net

Bookmark and Share

Ada lagi nih situs Indonesia yang membahas tentang fisika. Walaupun cakupannya umum, tidak hanya membahas fisika saja tetapi ini situs mendapat acungan jempol dan sahabat wajib mengunjunginya. Namanya yaitu e-dukasi.net.

Dalam e-dukasi.net terdapat beberapa jenjang yaitu SMP, SMA, dan SMK. Sahabat tinggal pilih saja sesuai jenjang yang dikehendaki.

EdukasiNet merupakan portal bahan belajar dan jaringan komunitas sekolah yang dibina dan dikembangkan oleh Pusat Teknologi Komunikasi dan Informasi (Pustekkom) Depdiknas. Situs ini bermula dari serangkaian penelitian dan pengembangan yang dilakukan oleh tim Pustekkom, antara lain;
  • Tahun 2000 Pustekkom mengembangkan situs informasi pendidikan yang disebut layanan informasi pendidikan disingkat LIPNAS.
  • Sejak 1998- sekarang, Pustekkom telah mengembangkan bahan belajar berbantuan computer dalam bentuk CD interaktif untuk SMA dan SMK. Sofware ini telah beberapa kali diujicobakan kepada murid dan guru di sejumlah sekolah dan telah mendapatkan tanggapan yang positif. Secara umum responden mengharapkan agar bahan belajar dalam format CD interaktif terus dikembangkan.
  • Antara tahun 2001-2003, Pustekkom telah menyelenggarakan serangkaian seminar dan lokakarya tentang pemanfaatan teknologi komunikasi dan informasi untuk pendidikan baik di Jakarta maupun di luar Jakarta.
  • Sebagai tindak lanjut dari seminar dan lokakarya tersebut, telah dikembangkan situs EdukasiNet yang untuk sementara berisi bahan belajar on line bagi siswa SMA.
  • Pada tahun 2003 dilaksanakan analisis kebutuhan dalam bentuk FGD (focused-discussion group) dengan menghadirkan para pakar dan praktisi Teknologi Informasi dan Teknologi Pendidikan. FGD merekomendasikan pengembangan situs eduksinet menjadi fasilitator jaringan kerjasama antar sekolah dalam pemanfaatan bahan belajar, maka lahirlah konsep jaringwiyata (wiyata=pendidikan).
  • Studi kelayakan pengembangan EdukasiNet pada beberapa propinsi di Indonesia, yaitu antara lain NAD, Sumatera Barat, Riau, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, DIY, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, dan Kalimantan Timur. Studi ini merekomendasikan bahwa sekolah-sekolah tertentu, khususnya di perkotaan baik negeri maupun swasta telah siap dan merasakan adanya kebutuhan pemanfaatan internet dalam proses belajar mengajar.
  • Tahun 2004 dilakukan penyempurnaan content management system EdukasiNet dan Jaringwiyata.
Harapan ke depan EdukasiNet akan menjadi bagian yang integral dalam proses belajar mengajar dan terintegrasi dengan media lainnya seperti televisi edukasi, CD interaktif, baik dalam proses belajar mengajar di kelas maupun sebagai penunjang pusat sumber belajar di sekolah. Ya, kita doakan saja bersama-sama agar harapan dari EdukasiNet ini terwujud.

Untuk saat ini situs EdukasiNet dalam status tidak aktif

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar