Video Fisika: Eureka! Episode 26 - Buoyancy

Bookmark and Share
Sebagai gaya dorong (Fd) dimaksudkan berat yang "hilang", yang dialami sebuah benda bila benda tersebut diletakkan di atas air. Besar suatu gaya dorong adalah sama besarnya dengan jumlah suatu cairan yang ditekan oleh benda tersebut. Atau dengan kata lain, gaya dorong tergantung dari massa jenis cairan tersebut dan volumenya, sedangkan gaya tekan ke bawah oleh benda di air juga tergantung massa jenis benda tersebut serta volumenya. Dimana arah gaya dorong ke atas sedangkan berat benda (G) yang menekan cairan ke bawah sesuai arah gravitasi. Percepatan (a) yang dilakukan cairan yang ditekan sama besarnya dengan percepatan gravitasi (g), sehingga yang memainkan peranan apakah suatu benda mengapung, melayang, atau tenggelam adalah massa jenis benda dan zat cair serta volume benda dan zat cair. Sesuai hukum Archimedes maka dapat kita katakan ada 3 hal yang dapat terjadi:
  • Mengapung bila G< Fd, massa jenis benda tersebut < massa jenis cairan 
  • Melayang bila G=Fd, massa jenis benda tersebut = massa jenis cairan 
  • Tenggelam bila G>Fd, massa jenis benda tersebut > massa jenis cairan.
Dalam video berikut dapat kita lihat apa yang dimaksud dengan proses memgapung yang merupakan aplikasi dari prinsip Archimedes. Eureka! telah mengemas konsep fisika ini dalam bentuk animasi kartun yang menarik.



Postingan ini berisi video pembelajaran fisika yang seru dan menarik. Untuk download, sahabat harus mendownloadnya langsung ke youtube. Atau jika kesulitan untuk mendownloadnya, budakfisika menyediakan layanan pesanan paket CD video Fisika. klik disini.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar